My Favourite Snack Lately ; Poutine!



Kali ini saya nggak curhat / ngedumel deh, tapi ngasih resep masakan aja ya. Poutine sendiri basically adalah kentang goreng + gravy sauce, tapiiii kalo mau lebih enak ya jangan beli french fries beku, digoreng, terus dikasih gravy sauce instant ya. Ayo usaha sedikit, lumayan kok biar pacar / gebetan bilang "Wah kamu bisa masak ya!" (i never got that kind of compliment tho -- not that I want to)

WARNING : saya kalo masak nggak pernah diukur, jadi ukuran di sini jangan dijadiin patokan yah, apalagi dijadiin panduan hidup.

For 1-2 servings (biar kalo makan berdua romantis gituuu, tangannya pegangan rebutan kentang. KYAAAA)

[ UNTUK KENTANG GORENGNYA ]

- 1 buah kentang ukuran besar, dicuci lalu dikupas
- air untuk merendam
- garam secukupnya, untuk merendam
- maizena, 1 sendok makan
- tepung serbaguna (yg segitiga2 itu lho), 3-4 sendok makan

[ UNTUK GRAVY SAUCE NYA ]

- 1 sendok makan maizena, dicampur dengan 30ml air
- 3 sendok makan unsalted butter
- 2 sendok makan tepung serbaguna
- 100 ml kaldu (bisa kaldu ayam / sapi / vegetable stock will do, too.) 
- kalo nggak ada kaldu asli, apa boleh buat ; gantilah dengan 1 sendok makan royco™ / masako™ / 2
buah kaldu blok
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1 batang daun ketumbar, cincang halus. Seledri juga boleh, tapi daun ketumbar rasanya lebih segar, kayak ada jeruk nipisnya gitu deh.
- lada hitam secukupnya
- garam secukupnya

CARA MASAKNYA!

1. Potong kentang memanjang, jangan terlalu tipis / kecil ya, nanti loyo waktu digoreng. Setelah dipotong, rendam di air sampai terendam seluruhnya, beri garam + maizena, diamkan 30 menit.

2. Setelah direndam, buang sebagian air rendaman, lalu tambahkan tepung terigu. Jangan sampai terlalu kental ya, asal cukup buat coating saja. Kalau terlalu kental tambahkan air secukupnya.

3. Panaskan minyak, goreng kentang dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan, lalu tiriskan di atas tissue dapur untuk mengurangi minyak.

4. Sekarang kita bikin gravy sauce nya yak! Di panci kecil, lelehkan butter, lalu campur dengan tepung sampai berwarna kecoklatan (sekitar 5 menit)

5. Masukkan bawang, masak sebentar (30 detik). Masukkan kaldu, tambahkan maizena yg sudah dicampur dengan air. Kalau menggunakan kaldu instant, masukkan maizena cair dulu baru kaldu bubuknya ya. Aduk hingga mengental. Kalau kurang kental, buat lagi campuran maizena dan tambahkan.

6. Masukkan daun ketumbar / seledri cincang, bumbui dengan lada hitam+garam sesuai selera.

7. Tuang kentang di atas mangkuk / piring, siram dengan gravy sauce. JADI DEH!

Paling enak makan poutine pake tangan, abis itu jilatin bekas gravy sauce nya deh (jorok yah, tapi enak, gimana dong). Selamat mencoba! 

P.s : untuk resep gravy sauce yang lebih bisa diandalkan, mungkin ada baiknya kalian googling aja hehehehe. Maklum kalo masak nggak pernah pake ukuran, tapi sejauh ini enak2 aja kok! :p



2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi musik dn filem menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. looks delicious, Lovely healthy version of our parotta.
    restaurants in south delhi

    ReplyDelete